Minggu, Mei 11, 2014

Strategi Induk Pembangunan Pertanian 2013-2045

Tanggal 3 Spetember 2013 di Kampus IPB Darmaga tepatnya di Auditorium Toyib Hadiwijaya telah dilucurkan Konsep Strateg Induk Pembangunan Pertanian (SIPP). Setelah peluncuran yang dihadiri pimpinan Fakultas Pertanian se Indonesia juga dilanjutkan dengan pembahasan strategi tersebut. Pembahasan strategi tidak berlebihan jika saya katakan dihadiri oleh Dedengkot Pembanginan Pertanian. Disana Ada 4 mantan menteri Pertanian yang hadir (Syarifuddin Baharsjah dan Ny., Bungaran Saragih dan Saleh Salahuddin). Hadir juga Wamen menteri pertanian sekarang serta Bpk Bustanul Arifin, Prof. Pantjar Simatupang sebagai ketua tim dan banyak lagi. Termasuk juga saya sebagai pemula yg menekuni kajian kebijakan pembangunan pertanian hehe..

Kebijakan pembangunan pertanian yang diharapkan dalam strategi ini berlandaskan pada  visi Terwujudnya sistem pertanian-bioindustri berkelanjutan yang menghasilkan beragam panhan sehat dan produk bernilai tambah tinggi dari sumberdaya hayati pertanian dan kelautan tropika.

Selanjutnya visi ini dijabarkan dalam 9 point misi, 10 point sasaran 7 point pilar utama dan 4 pont prasyarat. Hal ini dibahas secara tuntas dalam buku yanh masih diberi label konsep strategi setebal 146 halaman ditambah buku pendukung setebal 330 halaman.

Lalu pertanyaannya mampukah kita mengimplementasikan Strategi Ideal ini hingga 2045 sebagai hasil pembangunan pertanian selama 1 abad? Wallahu Allam bissawam.

Bogor, 4 September 2013
Salam
SBcenter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar